PELATIHAN: Sekda Kabupaten Sukabumi Iyos Somantri saat membuka pelatihan peningkatan kapasitas ranger di Hotel Augusta Palabuhanratu. | Sumber foto: istimewa
Lingkarpena.id, SUKABUMI - Sebanyak 20 orang pemandu wisata geosite (Ranger) dari kawasan wisata Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark (CPUGGp) dilatih di Hotel Augusta Palabuhanratu, Rabu (29/7/2020). Pelatihan bermaksud untuk peningkatan kapasitas para ranger.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi, Usman Jaelani mengatakan, pelatihan bertujuan meningkatkan kapasitas pemandu wisata geosite di kawasan CPUGGp untuk meningkatkan pelayanan mewujudkan sapta pesona. 

"Kegiatan ini juga meningkatkan kemampuan dan profesionalisme serta ikut berperan aktif mempromosikan daya tarik wisata di Kabupaten Sukabumi," ungkapnya melalui rilis tertulis. 

Kesempatan yang sama, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi, Iyos Somantri mengatakan, pariwisata saat ini menjadi salah satu program unggulan Pemkab Sukabumi yang dapat mendorong sektor-sektor lainnya. 

Dengan begitu, Pemerintah Kabupaten Sukabumi akan terus berupaya melakukan berbagai langkah untuk pengembangan sektor pariwisata. Di antaranya berupa penetapan kebijakan pembinaan dan pendampingan bagi dunia usaha dan masyarakat. 

"Harapannya agar dunia usaha dan masyarakat bisa berperan serta dalam pembangunan pariwisata di Kabupaten Sukabumi," tuturnya. 

Ia menjelaskan, pemandu wisata geosite adalah salah satu komponen yang sangat dibutuhkan di dalam pengembangan kawasan geopark. 

"Oleh karena itu keberadaannya sangat diharapkan untuk berkolaborasi dan bersinergi membangun Geopark Ciletuh Palabuhanratu," tandasnya.

Selain itu, Iyos menegaskan pemberian pelayanan terbaik pada para wisatawan harus diberikan oleh para petugas dan penggiat pariwisata. 

"Semuanya harus dapat berjalan sesuai dengan kapasitas masing-masing," pungkasnya. 


Reporter: Alan 
Editor : Surya Adam