PRODUK UNGGULAN: Kopi Desa Nyalindung salah satu produk unggulan Desa Nyalindung. | Sumber foto : Rendy Wahyudi
Lingkarpena.id, SUKABUMI - Pemerintah Desa Nyalindung, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi berupaya mendongkrak potensi usaha di bidang pertanian. Di antaranya dengan mengembangkan produk kopi unggulan khas desa setempat. 

Kepala Desa Nyalindung, U Jamjuri melalui Kepala Dusun Wilayah I, Kosasih mengatakan, pemerintah desa saat ini sedang fokus mendorong Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) untuk mengembangkan usaha di bidang pertanian kopi.

Varietas ini dinilai memiliki potensi besar menjadi salah satu produk unggulan desa. 

Keseriusan pemerintah desa mendorong usaha ini, kata Kosasih, di antaranya telah dibangunnya kebun desa di Kampung Cirawa RT 03/05 desa setempat. Hasil dari kebun desa ini nantinya akan dikelola oleh Bumdes. 

"Sebagai langkah awal, kita sudah membangun kebun desa yang salah satu jenisnya adalah kopi. Bahkan saat ini sudah mulai masuk tahap proses produksi," ungkapnya kepada lingkarpena.id, Kamis (13/8/2020). 
PELAYANAN: Salah seorang staf Desa Nyalindung standby pelayanan masyarakat di kantor desa. | Sumber foto: Rendy Wahyudi
Pengembangan selanjutnya, ia menggambarkan hasil olahan kopi ini nantinya akan dipasarkan di kedai dan cafe kopi. Pemasaran mulai dari daerah terdekat kemudian meluas hingga kalau bisa sampai ke luar negeri.

Meski produksi sejauh ini masih dalam skala kecil, namun kwalitas produk kopi terbilang bisa bersaing. Terbukti beberapa waktu lalu sudah dilakukan uji sample langsung oleh barista di salah satu cafe kopi di Kota Sukabumi, dan hasilnya cukup memuaskan. 

"Untuk jenis kopi yang kami gunakan yaitu jenis arabika dengan merk produk Kopi Desa Nyalindung. Kami berharap produk kopi kami bisa bersaing di kelasnya," kata pria yang akrab di sapa Cosmin menutup pembicaraan. 


Reporter : Rendy Wahyudi 
Editor : Surya Adam